Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Web Interaktif untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika


ABSTRAK

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengembangkan perangkat  pembelajaran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi fisika, selanjutnya dikaji mengenai keunggulan dan kelemahan perangkat,  berdasarkan tanggapan dari berbagai sumber seperti dosen dan mahasiswa, siswa serta guru-guru. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi fisika. Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan oleh guru-guru, siswa dosen dan mahasiswa, serta semua pihak yang terkait, dalam mengurangi tingkat miskonsepsi fisika sehingga dapat meningkatkan pemahamannya terhadap fisika. Perangkat pembelajaran berbasis web interkatif ini dirancang khusus untuk mengatasi miskonsepsi fisika. Metode penelitian ini, menggunakan metode pengembangan (developmental research).Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan identifikasi miskonsepsi fisika pada mahasiswa, pembuatan story board, penyusunan kode program web, upload web, uji coba skala lab, uji coba  ahli, dan uji coba terbatas. Tahap kedua, merupakan tahap implementasi yang terdiri dari uji coba secara lebih luas dan evaluasi perangkat pembelajaran berbasis web. Hasil akhir dari penelitian ini adalah diperoleh perangkat pembelajaran berbasis web interaktif untuk mengatasi miskonsepsi fisika dan hasil implementasinya di terbitkan dalam jurnal internasional